Strategi Komunikasi SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dalam Mewujudkan Kantin Sehat Bebas Sachet
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v3i2.135Keywords:
Strategi, Kantin, Sehat , SachetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dalam mewujudkan kantin sehat bebas sachet. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 1 Wringinanom menggunakan beberapa strategi komunikasi persuasif untuk mendorong siswa dan orang tua untuk memilih makanan sehat dan mengurangi penggunaan sachet sekali pakai di kantin sekolah. Strategi-strategi tersebut meliputi penggunaan media komunikasi seperti poster, brosur, dan video serta melibatkan siswa dalam kegiatan promosi kantin sehat. Selain itu, SD Muhammadiyah 1 Wringinanom juga mengadakan pelatihan bagi karyawan kantin untuk memasak makanan sehat dan mengurangi penggunaan sachet sekali pakai. Dalam hal ini, komunikasi persuasif digunakan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku siswa dan orang tua dalam memilih makanan sehat dan mengurangi penggunaan sachet sekali pakai. Dengan demikian, strategi komunikasi yang efektif dapat membantu mewujudkan kantin sehat bebas sachet di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom.
References
Amalia Nurmasitoh, Q., & Rahayu, R. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap pelestarian lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4570
Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61. https://doi.org/10.31258/dli.2.1.p.61-64
Khairunisa, N. S., & Safitri, D. R. (2020). Integrasi data sampah sebagai upaya mewujudkan zero waste management: Studi kasus Di Kota Bandung. Jurnal Analisa Sosiologi, 9. https://doi.org/10.20961/jas.v9i0.39829
Munandar, A., Maizida, K., & Jatmiko, R. (2020). Pendekatan Interdisiplin dalam Pengembangan Kesadaran Gaya Hidup Bijak Dan Ramah Lingkungan. Bakti Budaya, 3(1), 102. https://doi.org/10.22146/bb.55506
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22-29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58
Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi program Sekolah Adiwiyata Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29 (2), 145-157. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
Ramadhani, L. F., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata Di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 51. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19434
Syifauzzuhrah, N. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja guru Dalam Meningkatkan Mutu Di Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 27-37. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.23702
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang Tua Siswa Di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anwaruddin Al Wafi, Iqbaal Ivan A F
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.