Efektivitas Konten Youtube “Watchdoc Image : Ekspedisi 3 Sungai Episode 8” dalam Menyuarakan Isu Pencemaran Sungai
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v3i3.153Keywords:
Media Baru, Salju Sungai Brantas, Isu Lingkungan, Pencemaran LingkunganAbstract
Media baru menjadi salah satu media yang dapat menjadi penyuara dari isu lingkungan saat ini, salah satunya sungai. Kondisi sungai yang mencemaskan menjadi alasan penting bagi Watchdoc dalam menyuarakan isu tersebut. Konten ekspedisi 3 sungai episode 8 dari Watchdoc menjadi konten yang menarik karena mengungkapkan “salju” yang muncul pada kawasan Sungai Brantas. Alasan melakukan penelitian terhadap konten ekspedisi 3 sungai episode 8 dikarenakan konten tersebut terdapat beberapa isu sungai yang jarang dirawat serta dijaga oleh masyarakat desa sekitar serta konten ini memiliki viewrs terbanyak dari 20 episode dokumenter. Penelitian bertujuan untuk menganalisis efektivitas youtube watchdoc dalam konten lingkungan ekspedisi 3 sungai episode 8 (Musim Salju di Surabaya). Penelitian menggunakan metode etnografi virtual dengan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengidentifikasi pola perilaku guna menggambarkan fenomena masyarakat di dunia maya atau media sosial. Hasil kajian menunjukkan dari 50, 98% menyatakan kontem youtube ini efektif suara isu pencemaran sungai. Terdapat beberapa komentar yang menunjukkan bahwa masyarakat di indonesia sangat peduli terhadap lingkungan dan ada harapan pemerintah mampu memberikan tindakan nyata dalam mengatasi pencemaran sungai.
References
Akbar, A. (2018). Efektifitas Youtube sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV). Efektifitas YouTube Sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi Pada Serambi on TV, 16(02), 1–112.
Aulia, R., Bahari, K., Pujiastuti, N., Astuti, E. S., Pertami, S. B., & Budiono, B. (2022). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kebiasaan Menonton Video Kartun Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6983–6992. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3558
Fahrudin, A., Karlinah, S., & Agustin, H. (2020). Efektivitas Video Youtube “Wonderful Indonesia: a Visual Journey” Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Indonesia. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i1.2492
Fitriansyah. (2018). Efek Komunikasi Massa pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178.
Herawati, R., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas II Sdn Sleman 5 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Youtube. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 177–189.
Herminingsih, Nurdin, & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84.
Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.
Purnama, Fi., Putrawan, I. M., & Sigit, D. V. (2020). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) dan Intensi Untuk Bertindak (Intention to Act) terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.21009/ijeem.051.02
Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsap dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2), 520–526. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cholidatul Lifia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.