Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA Terhadap Video Podcast ECOTON Episode 5 Dalam Bergaya Hidup Ramah Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v3i3.155Keywords:
Lingkungan, Persepsi, Podcast, SampahAbstract
Podcast merupakan salah satu media massa untuk menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak luas. Banyaknya isu dan informasi yang disampaikan melalui podcast, khalayak bisa mendapatkan informasi yang beragam. Sampah menjadi salah satu isu yang cukup sering dibahas di beberapa media massa, termasuk pada podcast ECOTON. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dari mahasiswa Ilmu Komunikasi tentang podcast ECOTON. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil Kuesioner yang didapatkan melalui forum group discussion yang dimana mahasiswa melihat terlebih dahulu podcast yang dimaksud lalu mengisi kuesioner yang bagikan. Hasil yang di dapatkan diolah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan hasil yang ditunjukan sangat positif, yang dimana mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru mengenai dampak dari gaya hidup terhadap lingkungan, menunjukkan rasa kekhawatiran serta ingin melakukan tindakan untuk bergaya hidup ramah lingkungan setelah melihat podcast dari ECOTON. Creator podcast dapat lebih menyuarakan isu-isu lingkungan dan menyampikannya dengan menarik, seperti pemilihan pembawa acara yang interaktif serta mengunggah podcast secara rutin menjadi salah satu teknis dalam menarik perhatian penonton.
References
Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal ||, 2(1), 11–24. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj
Afifah, A. N., Hidayat, E., & Suwangsi, E. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 396–406. http://repository.upi.edu/id/eprint/66466
Aini, D. K. (2019). Penerapan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 70. https://doi.org/10.21580/jid.v39.1.4432
Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelolaan Bank Sampah Ramah Lingkungan (RAMLI) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Jurnal CSR, Pendidikan, Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/430
Astuti, N. P., Nugroho, E. G. Z., Lattu, J. C., Potempu, I. R., & Swandana, D. A. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569–580. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i3.1363
Dinatha, N. M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology, 1(3), 211. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12507
Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Nonformal, 1(2), 16.
Gogali, V. A., & Tsabit, M. (2020). Eksistensi Radio Dalam Program Podcast Di Era Digital Konten ( Studi Deskriptif Program Podcast 101jakfm . com ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 64–73.
Hayati, S. A., & Tohari, S. (2022). Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam Menurunkan Social Anxiety Disorder (SAD) dan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) Pada Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.163
Iskandar, S. (2020). Analisa Kesamaan Pola Film Favorit & Warna Favorit Seseorang. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.24
Jannah, A. N., Ismaya, E. A., Setiawan, D., & Kudus, U. M. (2022). Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Film Animasi. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), h. 171-177.
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958
Juniartini, N. L. P. (2020). Pengelolaan Sampah Dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i1.106
Khumairoh, U. (2021). Dampak Konglomerasi Media Terhadap Industri Media Massa dan Demokrasi Ekonomi Politik di Era Konvergensi Media. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.47776/mjprs.002.01.05
Lavircana, R., Herman, M., & Humaidi, M. A. (2020). Penggunaan Podcast Sebagai Media Hiburan dan Informasi di Banjarmasin. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB)., 1–9. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3500/
Malina, A. C., Suhasman, Muchtar, A., & Sulfahri. (2017). Kajian Lingkungan Tempat Pemilahan Sampah di Kota Makassar. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 14–27.
Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.31476
Muharomah, U. M. H. S., Hakim, L., & Febriantin, K. (2022). Persepsi Masyarakat Dalam Kepedulian Pengolahan Sampah Di Kelurahan Wancimekar Kecamatan Kotabaru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1483–1490.
Murti, A. N. (2020). Pengaruh Pesan Dakwah Pada Akun Instagram @berani.hijrah Terhadap Perilaku Beragama Remaja (Vol. 2507, Issue February).
Najelina, M., & Ruliana, P. (2021). Pengaruh Pemberitaan Media Digital Terhadap Sikap Mahasiswa. Inter Community: Journal of Communication Empowerment |, 3(1), 1–26.
Nastiti, A., Kusumah, S. W. D., Wangsaatmaja, A., Roosmini, D., Sundana, E., & Sutadian, A. (2020). Persepsi Risiko Dan Bias Kognitif Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Di Jawa Barat, Indonesia. Creative Research Journal, 6(2), 107. https://doi.org/10.34147/crj.v6i2.282
Noza, C., & Primayanti, A. (2019). Pemanfaatan Akun Twitter @Womanfeeds Sebagai Media Informasi Dikalangan Followersnya. 6(3), 6404–6411.
Nugroho, I., & Irwansyah, I. (2021). Konvergensi Konten Audio di Media Online (Studi Kasus Podcast Detik.com). Jurnal Komunikasi, 15(1), 55–70. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.9753
Nuvita Sari, D., Rahmawatie RBU, D., Keperawatan, S., & Kesehatan, I. (2022). SEHATRAKYAT (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Hubungan Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Seksual di SMK Islamiyah Widodaren. 1(4), 348–355. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1128
Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “ Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik ” Terhadap Respon Afektif. Jurnal Lontar, 7(1), 16–24.
Pramutasari, L. S., Indriyani, D., & Handayani, L. T. (2016). Hubungan Status Usia Dengan Persepsi Suami Dalam Memberikan Dukungan Bagi Istri Pada Perawatan Bayi Baru Lahir Di Ruang Bersalin Rsd Balung Jember. 1, 1–9.
Purwaningrum, D. (2020). Persepsi dan Efek Ceramah di Media Sosial Terhadap Muslimah di Karanganyar.
Purwianti, L., & Tio, K. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioural Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 15. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.415
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707
Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3750
Radika, M. I., & Setiawati, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Podcast Dalam Mempertahankan Pendengar (Studikasus Dalam Podcast Do You See What I See). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 96–106.
Rijal, M. S., Lestari, A. S., Wahyuni, A. I., & Rahma, A. (2021). Persepsi mahasiswa sebagai kalangan milenial terhadap penyakit Kaki Gajah / Filariasis. Prosiding SEMNAS BIO, 1, 830–841. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/107%0APersepsi
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Setyawan, A. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap peringatan bahaya merokok pada setiap kemasan rokok.
Sudarma, K., & Murniasih, E. (2016). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Kompensasi pada Kinerja Karyawan Dimediasi Komitmen Afektif. Management Analysis Journal, 5(1), 24–35.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Supratman, S., & Intyaswati, D. (2019). Pengaruh Usia dan Pendidikan Dalam Pembentukan Persepsi dan Opini pada Change.org. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), 17–26. http://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/100
Suryani, A. S. (2016). Persepsi Masyarakat dan Analisis Willingness to Pay terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Studi di Jakarta dan Bandung. Kajian, 21(4), 359–376. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/784
Syafrina, A. E. (2022). Penggunaan Podcast Sebagai Media Informasi di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Ilmu Komunikasi, 4(2), 10–22.
Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru Dalam Komunikasi Politik. Jakad Media Publishing.
Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 1(1). https://doi.org/10.19105/meyarsa.v1i1.3222
Wahyudi, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Wawan. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–10.
Widuhung, S. M., & History, A. (2023). Persepsi Suami Mengenai Webseries Layangan Putus (Sebuah Tinjauan Efek Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 127–136.
Wulandari, D., Heryana, A., Silviana, I., Puspita, E., Rini, & Deasy. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Tenaga Kesehatan Terhadap Vaksin Covid-19 Di Puskesmas X Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 9(5), 660–668. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i5.30691
Yaswinda, Yulsyofriend, & Sari, H. M. (2020). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711
Yoedo Shambodo. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 98–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nada Fikryanita, Alif Muzaki Nur Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.