Podcast ECOTON Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Pencegahan Isu Lingkungan

Authors

  • Nick Samudra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Salwa Yasmin Azzahro Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.58954/epj.v3i3.156

Keywords:

Podcast, Edukasi, Isu Lingkungan, Generasi Muda

Abstract

Permasalahan lingkungan timbul karena bertambahnya penduduk dan berubahnya gaya hidup masyarakat menjadi lebih konsumtif. Minimnya kesadaran akan kebersihan lingkungan mengakibatkan eksploitasi dan tercemarnya lingkungan. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan lingkungan sejak dini. Media Podcast sebagai altertnatif yang digunakan ECOTON sebagai media edukasi pencegahan isu lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengenditifikasi efektivitas edukasi menggunakan media podcast terhadap peningkatan pengetahuan dan pencegahan isu lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 98 akun yang berkomentar, sample yang diambil kemudian 80 akun dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan edukasi isu lingkungan melalui podcast ECOTON sangat informatif dalam memberikan edukasi isu lingkungan, meningkatkan pengetahuan mengenai isu lingkungan serta berhasil mempengaruhi tindakan pengambilan keputusan dalam melakukan tindakan mencegah pencemaran lingkungan dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan menggunakan produk ramah lingkungan.

References

Agustina, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (IMC) Berbantuan Media Podcast Terhadap Minat Belajar Peserta Didik (Issue Icm).

Ahmed, A., & Hassan, M. (2020). Overcoming Pronunciation Hurdles in EFL Settings: An Evaluation of Podcasts as a Learning Tool at Qassim University Saudi Arabia. Asian EFL Journal Research Articles, 27(1), 86–101.

Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023. Databooks, 1–2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Ardiansah, D., & Adi, A. S. (2021). Hidup masyarakat daerah aliran Sungai Brantas. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 633–649. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p633-649

Bayu, dimas jarot. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di-indonesia-didominasi-anak-muda

Budia, I., Saleha, Z., Juwita, T., & Nuraeni, A. (2022). Pengembangan IMP (Islamic Milenial Podcast) Sebagai Sarana Pendidikan Politik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11616–11623.

Diavano, A. (2022). Program Eco-Pesantren Berbasis Kemitraan Sebagai Upaya Memasyarakatkan Isu-Isu Lingkungan Melalui Pendidikan. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(2), 113–125. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i2.312

Dihni, V. A. (2021). Survei: Mayoritas Anak Muda Indonesia Peduli Isu Lingkungan Hidup | Databoks. Databoks.Katadata.Co.Id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/29/survei-mayoritas-anak-muda-indonesia-peduli-isu-lingkungan-hidup

Fitriyani, N., Prasetro, D., & Pradana, B. C. S. A. (2022). Strategi Komunikasi ECOTON Dalam Mendapatkan Donatur Melalui Program Crowdfunding Di Kitabisa.Com. Environmental Pollution Journal, 2(1), 284–294.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (2020). Aalisis Resepsi Pada Chanel Youtube Gaming “Kimi Hime.” 8.

Jennah, E. N., Wardani, I. K., & Wibowo, D. (2022). Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dengan Media Video Animasi Dan Podcast. Dentin, 6(2), 108–113. https://doi.org/10.20527/dentin.v6i2.6397

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896

Melinda, S. (2021). Analisis Wacana Kritis Pada Podcast “Kita Yang Bodoh Atau Sekolah Yang Bodoh.” CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(2), 175. https://doi.org/10.30872/calls.v7i2.6183

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Nurmala, S., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Studi, P., Keperawatan, D., & Pendidikan Indonesia, U. (2023). Pengaruh Media PodcastTerhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pencegahan Anemia di SMPN 2 Sumedang. 4(2), 1131–1136.

Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3750

Salsabila, D. N. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Podcast Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Gizi Lebih Remaja Di Smpn 11 Jakarta. 10(1), 54–75.

Sholikhah, M., & Zunariyah, S. (2020). Gerakan Ecoton Dalam Upaya Pemulihan Sungai Brantas. Journal of Development and Social Change, 2(1), 20. https://doi.org/10.20961/jodasc.v2i1.41653

Silfiana, L., & Samsuri, S. (2019). Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Gerakan Kewarganegaraan Ekologis untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Studi Pemuda, 8(2), 127. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.48180

Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65–73. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/212

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Samudra, N., & Azzahro, S. Y. . (2023). Podcast ECOTON Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Pencegahan Isu Lingkungan . Environmental Pollution Journal, 3(3), 806–812. https://doi.org/10.58954/epj.v3i3.156

Issue

Section

Articles