Podcast ECOTON Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Pencegahan Isu Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v3i3.156Keywords:
Podcast, Edukasi, Isu Lingkungan, Generasi MudaAbstract
Permasalahan lingkungan timbul karena bertambahnya penduduk dan berubahnya gaya hidup masyarakat menjadi lebih konsumtif. Minimnya kesadaran akan kebersihan lingkungan mengakibatkan eksploitasi dan tercemarnya lingkungan. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan lingkungan sejak dini. Media Podcast sebagai altertnatif yang digunakan ECOTON sebagai media edukasi pencegahan isu lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengenditifikasi efektivitas edukasi menggunakan media podcast terhadap peningkatan pengetahuan dan pencegahan isu lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 98 akun yang berkomentar, sample yang diambil kemudian 80 akun dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan edukasi isu lingkungan melalui podcast ECOTON sangat informatif dalam memberikan edukasi isu lingkungan, meningkatkan pengetahuan mengenai isu lingkungan serta berhasil mempengaruhi tindakan pengambilan keputusan dalam melakukan tindakan mencegah pencemaran lingkungan dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan menggunakan produk ramah lingkungan.
References
Agustina, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (IMC) Berbantuan Media Podcast Terhadap Minat Belajar Peserta Didik (Issue Icm).
Ahmed, A., & Hassan, M. (2020). Overcoming Pronunciation Hurdles in EFL Settings: An Evaluation of Podcasts as a Learning Tool at Qassim University Saudi Arabia. Asian EFL Journal Research Articles, 27(1), 86–101.
Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023. Databooks, 1–2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Ardiansah, D., & Adi, A. S. (2021). Hidup masyarakat daerah aliran Sungai Brantas. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 633–649. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p633-649
Bayu, dimas jarot. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di-indonesia-didominasi-anak-muda
Budia, I., Saleha, Z., Juwita, T., & Nuraeni, A. (2022). Pengembangan IMP (Islamic Milenial Podcast) Sebagai Sarana Pendidikan Politik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11616–11623.
Diavano, A. (2022). Program Eco-Pesantren Berbasis Kemitraan Sebagai Upaya Memasyarakatkan Isu-Isu Lingkungan Melalui Pendidikan. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(2), 113–125. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i2.312
Dihni, V. A. (2021). Survei: Mayoritas Anak Muda Indonesia Peduli Isu Lingkungan Hidup | Databoks. Databoks.Katadata.Co.Id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/29/survei-mayoritas-anak-muda-indonesia-peduli-isu-lingkungan-hidup
Fitriyani, N., Prasetro, D., & Pradana, B. C. S. A. (2022). Strategi Komunikasi ECOTON Dalam Mendapatkan Donatur Melalui Program Crowdfunding Di Kitabisa.Com. Environmental Pollution Journal, 2(1), 284–294.
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (2020). Aalisis Resepsi Pada Chanel Youtube Gaming “Kimi Hime.” 8.
Jennah, E. N., Wardani, I. K., & Wibowo, D. (2022). Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dengan Media Video Animasi Dan Podcast. Dentin, 6(2), 108–113. https://doi.org/10.20527/dentin.v6i2.6397
Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896
Melinda, S. (2021). Analisis Wacana Kritis Pada Podcast “Kita Yang Bodoh Atau Sekolah Yang Bodoh.” CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(2), 175. https://doi.org/10.30872/calls.v7i2.6183
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Nurmala, S., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Studi, P., Keperawatan, D., & Pendidikan Indonesia, U. (2023). Pengaruh Media PodcastTerhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pencegahan Anemia di SMPN 2 Sumedang. 4(2), 1131–1136.
Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3750
Salsabila, D. N. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Podcast Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Gizi Lebih Remaja Di Smpn 11 Jakarta. 10(1), 54–75.
Sholikhah, M., & Zunariyah, S. (2020). Gerakan Ecoton Dalam Upaya Pemulihan Sungai Brantas. Journal of Development and Social Change, 2(1), 20. https://doi.org/10.20961/jodasc.v2i1.41653
Silfiana, L., & Samsuri, S. (2019). Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Gerakan Kewarganegaraan Ekologis untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Studi Pemuda, 8(2), 127. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.48180
Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65–73. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/212
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nick Samudra, Azzahro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.