Strategi komunikas ECOTON dalam Mewujudkan Program Keluarga sakenah di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dan SD IT Yaa Bunayaa Wringinanom Kabupaten Gresik
Keywords:
Keluarga Sakenah, Sampah, Murid, Komunikasi, LingkunganAbstract
Saat ini sampah telah menjadi sumber utama masalah lingkungan yang harus diselesaikan, maka dari itu ECOTON membuat suatu program “Keluarga Sakenah (sadar kelolas, kurangi sampah)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi ECOTON dalam mewujudkan Program Keluarga Sakenah di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dan SDIT Yaa Bunayaa Wringinanom Kabupaten gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan dengan teknik pengumpulan data, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan ECOTON menggunakan strategi komunikasi lingkungan dengan mengedukasi dan memberi bimbingan mengenai Program Keluarga “Sakenah” dan strategi komunikasi persuasif dalam mengajak orang tua siswa siswi terlibat dalam mewujudkan “Keluarga Sakenah”. Dengan demikian, strategi komunikasi yang efisien berpengaruh dalam mewujudkan Program Keluarga Sakenah di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dan SDIT Yaa Bunayaa Wringinanom Gresik menuju generasi emas dimasa yang akan datang.
References
Arwini, N. P. D. (2022). Sampah Plastik dan Upaya Pengurangan Timbulan Sampah Plastik. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 5(1), 72–82. https://doi.org/10.47532/jiv.v5i1.412
DLH, A. (2019). Pengertian dan Pengelolaan Sampah Organik dan Anrganik. https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-dan-pengelolaan-sampah-organik-dan-anorganik-13
Dwi, C. (2024). Indonesia 2045, Jadi Generasi Emas atau Generasi Cemas? https://www.cnbcindonesia.com/research/20240202003051-128-511014/indonesia-2045-jadi-generasi-emas-atau-generasi-cemas
Fauzi, A. A. W., & Ammar, I. I. (2023).
Strategi Komunikasi SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dalam Mewujudkan Kantin Bebas Sachet.
Hakki, 1 Ahmada sultra Rustan dan Nurhakki. (2017).
Janah, F. M. (2023). Modul Sekolah Bebas Sachet “Keluarga Sakenah.” Gresik : ECOTON.
Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media Dalam kehidupan Masyarakat. 16(1).
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verba dan Non Verbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98.
Malihah, L. (2024). Sampah Plastik Sachet Dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan. YUME : Journal of Management, 7(1), 198–210.
Manning, W. (2015). Environmental Pollution - Journal - Elsevier. 3, 3–5.
Nova, & Altobeli. (2015). Komunikasi verbal dan nonverbal diantara kaum homeseksual.
Qortun. (2020). Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya. https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-kualitatif/
Riski, P. (2024). Sensus BRUIN 2023, Sampah Plastik Persoalan Utama di Indonesia. Mongabay. https://www.mongabay.co.id/2024/01/18/sensus-bruin-2023-sampah-plastik-persoalan-utama-di-indonesia/
SPISN. (2023). Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Taufiq, A., & Maulana, F. M. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 68–73. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7898
Tempo. (2022). Daftar Sungai Terpolusi Sampah Plastik di Dunia, Brantas Nomor 6. https://tekno.tempo.co/read/1865334/feb-ui-sekolah-bisnis-terbaik-di-indonesia-versi-qs-world-university-rankings-2024?utm_source=izooto&utm_medium=on_site_interactions&utm_campaign=Exit_Intent_Recommendations
Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2). https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576
Zaini, N. M. (2018). Respon Guru Terhadap Pertanyaan Siswa Pada Pembelajaran Biologi di SMA. 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 freety margaretha, Dey Prayogo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.