Strategi Komunikasi ECOTON Pada Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengurangan Plastik Sekali Pakai
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v2i1.42Keywords:
Strategi komunikasi, Instagram, Plastik Sekali Pakai, ECOTONAbstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi ECOTON melalui media sosial instagram sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengurangan sampah plastik sekali pakai. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara beberapa staff legal ECOTON Foundation. Sedangkan data sekunder berupa survey yang diisi oleh responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi pada objek yang dituju. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keberadaan instagram ECOTON berhasil dibuktikan sebagai media sosial yang paling sukses menggait publik. Strategi komunikasi yang diterapkan pada laman instagram ECOTON berupa penerapan informasi, hiburan, dan pengetahuan, yang lalu dapat mempengaruhi massanya untuk bergabung bersama ECOTON. Dari strategi yang telah diterapkan pada instagram ecoton, dapat disimpulkan bahwa ECOTON sudah menjalankan strategi komunikasinya dengan baik, sehingga banyak hal-hal berkembang yang pada akhirnya dapat mengikuti trend lingkungan hidup.
References
Alexandra, Suryawati, I. G. A., & Joni, I. D. A. S. (2021). Strategi komunikasi Bye Bye Plastic Bags dalam mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–6. https://103.29.196.112/index.php/komunikasi/article/view/68542?articlesBySameAuthorPage=5
Azeharie, S. (2016). Fungsi Komunikasi Media Sosial Twitter Pelaksana Tugas Gubernur Dki Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Jurnal Komunikasi, 6(3), 85–92. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/42
Kristanto, Agus Andreas, Budiarti, Clara Eka. (2020). Mikroplastik di DAS Brantas. Laporan Penelitian.
Kurniadi, H., & Hizasalasi, M. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh Gidkp Di Indonesia. Medium, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1085
Lestari, Putri A. (2021). Tahukah Kamu Apa Itu Kajian Pustaka?. Diakses pada 29 November, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/435817/tahukah-kamu-apa-itu-kajian-pustaka
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Junral Ilmiah Dinamika Sosial, 1, 202–224. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219
Wulandari, D., & Suwanda, I. M. (2019). Peran Yayasan Ecoton dalam menumbuhkan kesadaran ecological citizenship pada masyarakat daerah aliran Sungai Brantas (Studi kasus Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1008–1022. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/30120
WWF, (2020). Living Planet Report 2020 Bending The Curve Of Biodiversity Loss:WWF. https://www.worldwildlife.org/publications/living-planet-report-2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vania Shafa Meidina, Ketut Anindita Satyanandani; Maulana Arief, S.Sos., M.I.Kom, Tonis Afrianto, S.I.Kom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.