Strategi Komunikasi ECOTON Pada Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengurangan Plastik Sekali Pakai

Authors

  • Vania Shafa Meidina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ketut Anindita Satyanandani Universitas 17 Agustus1945
  • Maulana Arief Universitas 17 Agustus1945

DOI:

https://doi.org/10.58954/epj.v2i1.42

Keywords:

Strategi komunikasi, Instagram, Plastik Sekali Pakai, ECOTON

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi ECOTON melalui media sosial instagram sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengurangan sampah plastik sekali pakai. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara beberapa staff legal ECOTON Foundation. Sedangkan data sekunder berupa survey yang diisi oleh responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi pada objek yang dituju. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keberadaan instagram ECOTON berhasil dibuktikan sebagai media sosial yang paling sukses menggait publik. Strategi komunikasi yang diterapkan pada laman instagram ECOTON berupa penerapan informasi, hiburan, dan pengetahuan, yang lalu dapat mempengaruhi massanya untuk bergabung bersama ECOTON. Dari strategi yang telah diterapkan pada instagram ecoton, dapat disimpulkan bahwa ECOTON sudah menjalankan strategi komunikasinya dengan baik, sehingga banyak hal-hal berkembang yang pada akhirnya dapat mengikuti trend lingkungan hidup.

References

Alexandra, Suryawati, I. G. A., & Joni, I. D. A. S. (2021). Strategi komunikasi Bye Bye Plastic Bags dalam mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–6. https://103.29.196.112/index.php/komunikasi/article/view/68542?articlesBySameAuthorPage=5

Azeharie, S. (2016). Fungsi Komunikasi Media Sosial Twitter Pelaksana Tugas Gubernur Dki Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Jurnal Komunikasi, 6(3), 85–92. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/42

Kristanto, Agus Andreas, Budiarti, Clara Eka. (2020). Mikroplastik di DAS Brantas. Laporan Penelitian.

Kurniadi, H., & Hizasalasi, M. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh Gidkp Di Indonesia. Medium, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1085

Lestari, Putri A. (2021). Tahukah Kamu Apa Itu Kajian Pustaka?. Diakses pada 29 November, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/435817/tahukah-kamu-apa-itu-kajian-pustaka

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Junral Ilmiah Dinamika Sosial, 1, 202–224. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219

Wulandari, D., & Suwanda, I. M. (2019). Peran Yayasan Ecoton dalam menumbuhkan kesadaran ecological citizenship pada masyarakat daerah aliran Sungai Brantas (Studi kasus Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1008–1022. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/30120

WWF, (2020). Living Planet Report 2020 Bending The Curve Of Biodiversity Loss:WWF. https://www.worldwildlife.org/publications/living-planet-report-2020

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Shafa Meidina, V., Satyanandani, K. A., & Maulana Arief. (2022). Strategi Komunikasi ECOTON Pada Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengurangan Plastik Sekali Pakai. Environmental Pollution Journal, 2(1). https://doi.org/10.58954/epj.v2i1.42

Issue

Section

Articles