Strategi Komunikasi ECOTON dalam Mendapatkan Donatur Melalui Program Crowdfunding di Kitabisa.com
DOI:
https://doi.org/10.58954/epj.v2i1.43Keywords:
Strategi Komunikasi , Crowdfunding , ECOTONAbstract
Kehadiran media baru telah memasuki setiap segi kehidupan kita bahkan tidak dipungkiri bahwa dengan adanya media baru cara kita berinteraksi dengan orang lain pun berubah. Kini masyarakat pun dapat melakukan penggalangan dana dengan mudah dan cepat. Mereka dapat menyumbang secara online kapan saja melalui platform-platform yang ada. Hal ini disebut dengan Crowdfunding. Crowdfunding merupakan bentuk penggalangan dana yang melibatkan banyak orang yang dilakukan secara online dan menggunakan platform atau media sosial sebagai alat menjangkaunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang di lakukan LSM ECOTON untuk mendapatkan donatur melalui crowdfunding di Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuisioner sebagai riset awal. Pada penelitian ini menggunakan Konsep Strategi Komunikasi Public Relations menurut Scott. M. Cutlip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ECOTON sebagai LSM telah melakukan 1. mengidentifikasi masalah Public Relations 2. Melakukan Perencanaan dan Pemrograman 3. Aksi pengambilan tindakan & komunikasi 4. Evaluasi.
References
Adiansah, W., Mulyana, N., & Fedryansyah, M. (2016). Potensi Crowdfunding Di Indonesia Dalam Praktik Pekerjaan Sosial. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13655
Andriani, D. (2017). KAMPANYE SOSIAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION PADA PLATFORM CROWDFUNDING KITABISA.COM) SKRIPSI.
Barthelemy, F. (2019). Strategi Komunikasi Crowdfunding melalui Media Sosial (Crowdfunding Communication Strategy through Social Media). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.2.2019.155-168
Chan, F., Rimba Kurniawan, A., Oktavia, A., Citra Dewi, L., Sari, A., Putri Khairadi, A., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 190. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1126
Cutlip, S. M. (2013). Effective Public Relations (S. Yagan (ed.); 11th ed.). Angshuman Chakraborty.
Febriansyah. (2019). APLIKASI DONASI PANTI ASUHAN WILAYAH BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID.
Nurhidayati, Y. (2014). Perilaku Membuang Sampah pada Masyarakat Muslim Pedesaan (Studi pada Masyarakat Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut).
Sayagiri, G. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Crowdfunding Melalui Kitabisa.Com. https://osf.io/85frg/download
Sitanggang, M. H. A. (2018). Memahami mekanisme crowdfunding dan motivasi berpartisipasi dalam platform Kitabisa.com. E Journal UNDIP. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/20859/19553
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dio Prasetyo, Nurul Fitriyani; Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana S.Sos., M.Med.Kom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.